7 (Tujuh) Kesalahan Umum Dalam Pembuatan Keputusan PUBLIK
• Hanya mempertimbangkan satu aspek / dimensi masalah.
• Tidak meramalkan / memprediksikan keadaan masa depan.
• Teknik pemecahan masalah selalu konvensional, tidak ada inovasi.
• Sared decision produces wiser decisions.
RASIONAL KOMPREHENSIF
1. Pembuat Keputusan dihadapkan pada masalah tertentu yang dapat dibedakan / dibandingkan dengan masalah-masalah lain.
2. Tujuan, nilai, dan sasaran yang akan dicapai, harus telah dibuat sebelumnya secara jelas dan ditetapkan rankingnya.
3. Berbagai alternatif untuk memecahkan masalah tersebut diteliti secara seksama.
4. Akibat yang ditimbulkan dari setiap alternatif (cost & benefit), juga diteliti secara cermat.
5. Setiap alternatif dan akibat yang ditimbulkan, dibandingkan satu sama lainnya.
6. Pembuat keputusan akan memilih alternatif yang paling rasional untuk mencapai tujuan, nilai, dan sasaran yang telah ditetapkan.
INKREMENTAL
2. PEMBUAT KEPUTUSAN HANYA MEMPERTIMBANGKAN BEBERAPA ALTERNATIF YANG LANGSUNG BERHUBUNGAN DENGAN POKOK MASALAH ; DAN ATERNATIF INI HANYA BERBEDA SECARA INKREMENTAL DENGAN KEBIJAKAN YANG TELAH ADA .
3. BAGI TIAP ALTERNATIF , HANYA SEJUMLAH KECIL AKIABT MENDASAR SAJA YANG AKAN DIEVALUASI .
4. MASALAH YANG DIHADAPI AKAN DIREDEFINISIKAN SECARA TERATUR , DENGAN MENYESUAIKAN TUJUAN / SASARAN DENGAN SUMBER DAYA YANG ADA.
5. TIDAK ADA KEPUTUSAN / C ARA PEMECAHAN YANG PALING TEPAT UNTUK SETIAP MASALAH . YANG PENTING , TERDAPAT KESEPAKATAN TERHADAP KEPUTUSAN TERTENTU .
6. PEMBUATAN KEPUTUSAN BERSIFAT PERBAIKAN KECIL TERHADAP KEBIJAKAN YANG TELAH ADA , DAN BUKAN SESUATU YANG SAMA SEKALI BARU. KRITIK.
Mengabaikan perlunya pembaharuan sosial, karena memusatkan perhatian pada kepentingan / tujuan jangka pendek.
PENGAMATAN TERPADU (MIXED SCANNING)
2. MEMPERHITUNGKAN TINGKAT KEMAMPUAN PARA PENGAMBIL KEPUTUSAN
3. IBARAT PENGAMATAN DENGAN 2 KAMERA : KAMERA PERTAMA MEMILIKI SUDUT LEBAR YANG SANGGUP MENJELAJAHI SELURUH PERMUKAAN (MASALAH), DAN KAMERA KEDUA MEMFOKUSKAN PENGAMATAN PADA WILAYAH YANG MEMERLUKAN KAJIAN SECARA MENDALAM.
KE-3 MODEL DIATAS TERGOLONG MODEL YANG BERSIFAT PRESKRIPTIF (CARA MENINGKATKAN MUTU KEBIJAKAN ; HASIL /AKIBAT KEBIJAKAN)
KE-4 MODEL DIBAWAH TERGOLONG MODEL YANG BERSIFATDESKRIPTIF (MENGGAMBARKAN BAGAIMANA KEBIJAKAN DIBUAT)
3 (tiga) CIRI UTAMA KEBIJAKAN MENURUT MODEL INSTITUSIONAL
1. KEBIJAKAN PUBLIK DIPANDANG SEBAGAI KEWAJIBAN HUKUM YANG HARUS DITAATI OLEH SELURUH RAKYAT
2. KEBIJAKAN PUBLIK ITU BERSIFAT UNIVERSAL .
3. HANYA PEMERINTAH YANG MEMEGANG HAK MONOPOLI UNTUK MEMAKSAKAN SECARA SAH MELALUI PENGENAAN SANKSI
MOBILISASI VERTIKAL DARI MASSA KE ELIT TERJADI SECARA SANGAT LAMBAT , KARENA MENYANGKUT DIMENSI ARISTOKRASI (GENEALOGIS), STATUS SOSIAL EKONOMI , DSB
.MODEL KELOMPOK
KELOMPOK INI DAPAT MENGAJUKAN ATAU MEMAKSAKAN KEPENTINGANNYA KEPADA PEMERINTAH . TINGKAT PENGARUH SETIAP KELOMPOK DITENTUKAN O
Piter M Simanjuntak
sangat mempengaruhi dalam menjalankan tugas
BalasHapus